8 Nov 2013

Lega Sudah Proposal Skripsi

,
Setelah menunggu hampir 20 abad, akhirnya saya bisa mengakhiri sebuah penantian penuh perjuangan yaitu melaksanakan ujian proposal jadi tinggal ujian meja supaya bisa melepaskan gelar mahasiswa dan mendapatkan gelar baru yaitu pengangguran *bahasa kasarnya. Kalo kata anak KOSMIK sudah miki ikut Figur, tinggal Nurani mami, supaya bisa miki dikukuhkan jadi anggota Kosmik seutuhnya *serius begitu cowok.

Tepat tanggal 6 november 2013, selama hampir dua tahun lamanya saya menyusun proposal yang kata teman-teman angkatanku itu paling lama dua minggu bisa terselesaikan itu proposal. Tapi karena saya orangnya perfect, sesuatu harus diselesaikan dengan persiapan yang lama *disingkat MALAS.

Selama dua tahun itu, ada sedikit perjuangan sampai pertumpahan darah, kalau mau diceritakan ada kesan harunya juga. Judul skripsi sudah tiga kali ganti, pergantian PA (Penasehat Akademik) disaat mengurus KRS membuat diriku bingung harus menemui siapa untuk konsultation, akhirnya saya hanya bisa meratapi nasibku dengan bersemedi digunung bawakaraeng, wkwkwkwk *kodong, mau sekali naek gunung.

Penelitian yang akan saya teliti nanti berkaitan dengan komunikasi politik yang judulnya “HUBUNGAN ANTARA PEMBERITAAN KONFLIK INTERNAL PARTAI DEMOKRAT DITVONE DAN TINGKAT ELEKTABILITAS PARTAI DEMOKRAT DI MAKASSAR” . *langsung botak rambut baca ini judul, beratnya kodong. Tapi tidak ada yang tidak bisa selesaikan kalo tidak ada kemauan untuk mengerjakannya, apapun itu (so’ bijak).

Persiapan menuju hari proposalku, banyak drama-dramanya. Pertama itu harus mencari waktu kosong untuk para penguji. Hampir dua minggu menunggu akhirnya para dosen bisa meluangkan waktunya. Sehari sebelum proposal saya ditemani teman proposalku yaitu Didi “New” Zikran belanja-belanja lucu buat konsumsi saat proposal nanti. Ohh iya, Didi itu adalah salah satu presenter TV terbaik di Asia tenggara, skill bicara diatas rata-rata sangat wajar dia dinobatkan penghargaan itu.*lebay

Sebenarnya sehari sebelum ujian proposal saya mau istrahat, tetapi persiapannya melesat jauh dari target istrahatku. Saat itu saya masih disibukkan dengan membuat powerpoint, lagi-lagi kata perfect membuat saya harus membuatnya selama dua hari dua jam dua puluh menit dua detik*MotoGP kapang.

Lamanya persiapan membuat saya hanya memiliki dua jam untuk istrahat dari jam satu malam sampe jam tiga malam. Sedikitnya waktu istrahatku juga dikarenakan kewajiban menonton Real madrid yang berlaga di liga champion, sebagai madridista sejati sebuah kewajiban pastinya. Tetapi saya sangat puas dengan hasil Powerpoint yang dibuat sendiri , lumayan berefek dan berskill.

Proposal saat itu tidak berjalan semestinya karena dua penguji yang sudah ditunjuk tidak bisa hadir dengan alasan yang berbeda. Tapi sudah diatasi oleh Ibu Ida, dengan menunjuk dosen pengganti. Didi mendapatkan giliran pertama untuk menyampaikan presentasi proposal. Sang presenter begitu sistematis menyampaikan presentasinya, skill bicara yang sudah dilatih selama jadi presenter TV membuatnya begitu mudah melakukannya, 15 menit yang diberikan oleh penguji dilahap dengan mudah seperti melahap makanan.

Tibalah giliranku, dengan perasaan yang gugup tidak membuatku lari dari sebuah tantangan itu. Tantangan yang membuatku harus bisa menghadapinya. Saya tidak akan menceritakan apa yang terjadi selama saya ujian, karena sungguh tidak layak untuk ukuran mahasiswa tua *baca memalukan. Wkwk

Saya ucapkan rasa syukur kepada ALLAH SWT yang memberikan kesempatan untuk menyelesaikan kewajiban saya sebagai mahasiswa.

Buat kedua orang tuaku yang selalu mendoakan anaknya ini, buat om dan tanteku juga.
Spesial buat Iinku yang selalu memberi semangat ,sehingga tanganku tetap bergerak untuk mengetik proposal ini, senyumannya yang membuat saya sadar ternyata masih ada manusia selucu ini didunia ini, iin yang menghubungiku lewat line dengan kata-kata “lucu” yang membuatku merasa tidak mengantuk, buat coklatnya juga yang ada tulisan "congralutations! one more step;)" Hahaha

Buat Vedit juga, yang menyiapkan tempat buat merancang proposal ini hingga jadi. Buat adik lucu kedua yaitu EchaJilbab yang menglineku dengan kata-kata panjang layaknya cerpen.

Buat pasangan terbaik abad 20, dede dan shela yang menyempatkan membawa makanan SARI TOTI “sari roti sa sa sari roti” dan sebotol CocaCola.
Teman- teman angkatanku EXIST08 yang sudah datang , terharu dikit karena dengan kesibukan masing-masing, ada yang kerja dan ada juga yang sudah lagi kuliah S2, tapi bisa hadir untuk memberi semangat, Akil mantan ketua Gradient yang menyempatkan waktu untuk membuat spanduk dukungan kecil-kecilan, Rizved yang lagi ulang tahun *mantap traktirannya*. Buat armas yang sudah tidak datang, padahal janji mau datang, cuyo”MR. FUNK SHIT” tetangga terbaik, asrul mahasiswa pascasarjana terbaik unhas, Ethochan pegawai rektorat terbaik, Indah mahasiswa pascasarjana terrajin didunia, Trianasari, Aderamayana dan Ayu “BCL” (sempatja liat, tpi hilangki pas selesaima ujian,mungkin lari ki, namanya saja BCL "Baru C*bo Lari").

Berasa kata pengantar pada skripsi di. heheh

Belum skripsi ini sudah seheboh ini Oke sipp masih ada kewajiban melakukan penelitian selama dua bulan, melanjutkan bab-bab lainnya.. LANJUT BAB II..wkwkwk
Armas yang foto
Aris yang foto
Indah yang foto
Alin yang foto

21 Sep 2013

Putar Otak dengan Karikatur

,
Siapa tidak kenal  karikatur yang gambar manusia dengan bagian kepalanya besar. Karikatur adalah salah satu bentuk karya seni yang menuntut kita untuk memutar sedikit otak untuk berkreasi membuatnya.

Menurut Wikipedia "Karikatur adalah gambar atau penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut. Kata karikatur berasal dari kata Italia caricare yang berarti memberi muatan atau melebih-lebihkan. Karikatur menggambarkan subjek yang dikenal dan umumnya dimaksudkan untuk menimbulkan kelucuan bagi pihak yang mengenal subjek tersebut. Karikatur dibedakan dari kartun karena karikatur tidak membentuk cerita sebagaimana kartun, namun karikatur dapat menjadi unsur dalam kartun, misalnya dalam kartun editorial. Orang yang membuat karikatur disebut sebagai karikaturis."

Saya lebih menyukai membuat karikatur dari pada membuat WPAP, sama-sama memang menggunakan teknik tracing. WPAP memang lumayan susah karena kita harus dibekali sedikit pengetahuan tentang teori warna dan tentunya skill penggunaan tools yang harus selalu diasah terus. Membuat Karikatur menurutku lebih mengasyikkan karena bagian kepalanya saja yang menggunakan teknik tracing, selain dari itu kita dituntut untuk memutar otak untuk sedikit berkreasi.

Membuat karikatur biasanya kita ambil foto seseorang, terus tracing saja bagian kepalanya saja. Selanjutnya lihat bagian-bagian wajah yang memiliki ciri khas mulai dari mata, hidung, mulut, dagu, telinga dan lain-lain yang nantinya akan ditonjolkan. Sehabis bagian kepala kita buat , kita buat bagian lainnya dengan sedikit mengamati apa hobbinya, pekerjaannya, sifatnya dan cara berpakainnya misalnya yang nantinya akan di bahasakan dengan menggunakan bahasa visual.

Berikut hasil karikatur ciptaanku yang masih jauh dari kata sempurna, hahahaha

Semangatki, terus berkarya.. hahaha

15 Agt 2013

Kartu Lebaran ala MP

,
Perkembangan teknologi masa kini, membuat kartu ucapan seakan tidak di temui lagi. Jarang sekali ada orang yang membuatnya dan mengirim kepada handai taulan atau teman pada momen-momen istimewa. Dulu kartu ucapan selalu tersedia menjelang Lebaran, Natal, Imlek, dan pada saat Hari Valentine.

Seakan bernostalgia, saya ingin berkreasi dengan membuat kartu lebaran yang akan saya berikan kepada seseorang yang sangat spesial ( martabak kapang ).

Sebenarnya terlambat buat posting diblog, tapi saya tidak mau posting kalau kartu lebaran belum sampai ketangan lucu yang tidak berdosa itu. Kebetulan kartunya sudah sampai padanya sepantasnya saya memamerkannya.wkwkwk

BUNGKUSAN KARTU LEBARANNYA (ada itu nama penerimanya tertulis, wkwk)
TAMPAK DEPAN
TAMPAK DALAM
ALA-ALA JABAT TANGAN
Konsepnya simple sih, cuman mau desain kartu lebaran yang interaktif saja, orang yang menerimanya seakan-akan bertemu langsung. Sebenarnya konsep seperti ini sudah ada sebelumnya, cuman di modifikasi sedikit dengan menggambungkan konsep yang saya punya.

Intinya kartu lebaran ini, seakan-akan ada tangan yang berjabat untuk memohon maaf, karena makna dari idul fitri itu adalah saling maaf memaafkan di hari kemenangan ini.#sokpintar

Bentuk kartu lebaran ini juga merupakan representasi dari janji saya sama pacarku yang tidak mau ketemu dulu, ada sebuah janji yang harus ditepati supaya bisa bertemu dengannya lagi ( bacanya slow motion nah, supaya kesan dramatisnya dapat). Jadi kartu itu melambangkan tanganku yang ingin sekali berjabat dengan tangannya untuk memohon maaf. #modus , wkwkwk

Ini isi pesan yang ada pada kartu lebaran yang saya buat.

"Seiring mentari terbenam di akhir Ramadhan, 
kini tibalah hari kemenangan, walaupun tidak bisa bertemu, 
 pesan ini setidaknya sebagai pengganti tangan yang tak bisa
 berjabat untuk memohon maaf atas segala
 kesalahan saya secara pribadi”

Ambilnya digoogle ji tapi sudah di ubah-ubah ( sedikit ji.),hahahaha

Btw, sebenarnya yang mau kasih ini kaka kiki sebagai pengantar ala-ala tukang POS, tapi karena sudah kangen band sekali jadinya saya ketemu langsung dengan dianya..Cieeeee 

Trus dia juga kasih kartu lebaran hasil karyanya, sebenarnya kartu lebarannya agak kebanci-bancian tapi saya suka ji karna saya juga banci. #uppzzz. Becanda ji, wahahaha 
CANTIKNTA CYIIIINNN!!!
Sebelumnya saya mengucapkan selamat idul fitri  mohon maaf lahir dan batin. Berikut bonus desain bagian dalamnya sebelum di Print..


NB: maaf sebelumnya, fotonya kurang bagus. karena pake kamera smartpreng

6 Agt 2013

Muyam = Pato

,
Pato adalah idola saya sejak SMA kelas 1, saya ingat sekali saat Piala Dunia antar klub 2006 yang di selenggarakan di Jepang akhir tahun itu, Pato lahir sebagai bakal calon bintang sepakbola dunia. Internacional, klub Brazil yang di perkuat Pato secara tidak terduga mampu menjadi juara dunia setelah mengandaskan juara Champion Eropa Barcelona dengan skor 1-0.

Pato yang masih berusia 17 tahun mampu mencuri perhatian dunia, karena skill bermain sepakbolanya sangat mumpuni untuk umur semuda dia. Setelah kejuaraan itu, Pato bagaikan magnet yang membuat klub-klub di Eropa ingin memanfaatkan bakatnya, tawaran demi tawaran datang untuk meminang dirinya tapi akhirnya AC Milan asal Italia mampu memenangkannya.

Usia saya dan Pato hanya berselisih setahun, saya kelahiran 1990 sedangkan dia 1989. Pato sudah menikah sedangkan saya belum,#miris . Tapi status pato sekarang adalah duda, karena dia sudah bercerai.#Janganditiru
Beberapa perbedaan Muyam dan Pato
Sampai sekarang saya masih mengidolai dia, berita tentang Pato selalu saya update, baik mengenai karirnya maupun tentang asmaranya. Pato menjadi panutan bagi saya, gaya hidupnya yang menurutku bagus untuk  ditiru, saya jadikan referensi  dikehidupan saya.Sampai-sampai nama Pato saya tambah di belakang namaku, di Blog ini misalnya namanya muyampato.blogspot.com , maupun di situs-situs sosial saya lainnya . Jadi "MUYAMPATO" itu sudah melekat sama saya, itu semacam brand saya (agak sotta, apa bede brand!!).

Sebuah kebetulan yang tidak disengaja atau keterpaksaan yang sangat dipaksa, ada momen di beberapa foto saya dan pato memiliki kemiripan. hahahaha, ini beberapa foto yang sangat ,hmmmm apa di!

Dari kecil lumayan mirip, tinggal rambutnya dikasih keriting
Ala-ala Ninja
Ikat Sepatu
Jersey Timnas Brazil
Waktu Masih Muda
Gaya Petinju
Melayang Bolanya
Bersama teman-teman seprofesi
Injak Bola

Sekian postingan yang sangat NARSIS dan NAJIS ini.. sampai ketemu di postingan-postingan blog saya berikutnya.. wkwkwkwkwkwk

2 Agt 2013

Pato Berpisah dengan Barbara

,
Sebenarnya tulisan ini sudah lama ingin di posting, tapi karena sibuk makanya tidak sempat terbitkan. Sebagai seorang yang sangat mengidolai pato sejak 2006, kewajiban buat saya untuk menginformasikan berita terbaru tentang Pato.

Kabar mengejutkan datang dari Pato  pesepakbola andalan saya, Pato resmi putus dengan Barbara Berlusconi sang putri presiden AC Milan. Pada Selasa kemarin, 2 Juli 2013, melalui akun resminya @pato7oficial, dia mengumumkan kalau dirinya kini sudah putus dengan Barbara.


“Setelah dua setengah tahun bersama dan mengalami banyak hal menyenangkan saya pun harus mengakhiri hubungan ini. Perbedaan jarak menjadi penghalang,”. kicauan Pato ditwitternya.

Hubungan jarak jauh menjadi alasan buat mereka untuk tidak lagi menjalani kisah cinta yang sudah berjalan selama dua setengah ini. Pato yang pulang kampung ke Brazil untuk memperkuat Corinthians dan Barbara yang tetap tinggal di Milan karena menjabat Direktur klub AC Milan.

Padahal sempat terekam kamera pewarta beberapa saat lalu pasangan beda usia ini bermesraan ketika sama-sama berlibur di kepulaan Sardinia, Kemungkinan itu adalah momen perpisahan keduanya, saat saya mengecek Instagram pato, ternyata memang benar foto-fotonya bersama Barbara sudah tidak ada lagi alias sudah di hapus.#segitunya

Sekedar info Barbara adalah pacar ketiga pato, pertama itu Stefanie Brito yang juga mantan istrinya, saat itu Pato menikah berusia 18 tahun, Pato bercerai dengan Brito saat hubungan mereka masih berusia satu tahun, duda muda keren melekat pada diri Pato sejak perpisahan itu. Pacar kedua itu Debora Lyra sang putri Brazil 2010, hubungan percintaannya hanya menghitung bulan.

Foto-foto kenangan Pato dan Barbara....
Pertemuan terakhir Pato dan Barbara saat berlibur di Sardinia

 Lagi bikin apa ini. #sokpolos

Barbara datang memberi kejutan buat Pato yang lagi merayakan Scudetto bersama AC Milan

Baju khusus Pato buat Barbara, saat pato menjuarai kompetisi di Brazil bersama Corinthians

Sebagai penggemar Pato sejak dia masih muda, saya cuman mau berharap supaya Pato tidak larut dalam kesedihan, cepat Move on, cepat menemukan kemampuan terbaiknya supaya bisa dipanggail Scolari memperkuat Brazil di Piala Dunia 2014. Semangat Pato!!

Info terkini kalo pato lagi dekat sama Patricia Abravanel putri bos televisi di negeri Samba yang berprofesi sebagai presenter.#lincah

Ini penampakkannya:

25 Jul 2013

Terima Kasih iinku

,
Seperti biasa setiap tanggal 23 juli ada sedikit ucapan-ucapan selamat ulang tahun dan doa-doa dari keluarga maupun kawan-kawan dekat. Hampir 90 persen doanya sama yaitu supaya saya cepat menyelesaikan tugas akhir di kampus dan wisuda sebagai bagian formalitas dalam melepas status saya sebagai mahasiswa. #menurutku 

Tapi tahun ini sangat spesial dan tidak akan dilupakan, karena ada sedikit kejutan atau surprice dari teman wanita terdekatku saat ini yang bernama Diego Tristania Indah Wardhany.

Seumur-umur belum pernah dikasih surprise-surprise ulang tahun, jujur ini pertama kalinya. Walaupun terasa banci ku rasa, tapi tetap senang karena yang kasih surprise itu andalanku.

Karena saya orangnya cuek tidak terlalu peka sama yang namanya kejutan-kejutan.Nah ini Diego Tristania tidak hubungi ma selama dua hari sebelum tanggal 23 juli itu, ternyata itu bagian dari surprise. Cuek ma saja, karena saya selalu berpikiran positif, mungkin ini anak lagi sibuk atau lagi mencari inspirasi membuat gambar, karena komunikasi terakhir sama dia kalau dia lagi sibuk menyelesaikan gambar temannya. Makanya saya tidak hubungi nanti takutnya menganggu.#pacaryangbaik

Pas hari itu, Sebenarnya sedikit kecewa karena dia tidak kasih selamat. Padahal saya harapkan dia yang kasih selamat pertama. Tapi terobati karena mamanya sms kasih selamat, makasih tante ucapannya, Hehehehe.

Ternyata oh ternyata..

Diego Tristanku datang ke Vedit dan memberi saya sedikit kejutan yang luar biasa dibantu juga dengan teman-teman yang saat itu kebetulan ada di Vedit. Pokoknya hari ulang tahunku yang paling tidak bisa dilupakan dan paling berkesan seumur hidup.

Terima kasih buat ucapan teman-teman semuanya. Terkhusus buat aris, akil dan armas yang membantu iinku ,ada juga fheny yang sedikit terlambat datang, tapi dapat anugrah di mie awa, dan buat kidung (kiki kudung) yang membantu beli lilin yang tidak bisa mati-mati dan sudah membantu mendokumentasikan lewat foto-fotonya yang sebagian blur, makasih nah kidung kayak tidak ikhlas ki membantu,, hahaha.. #JUST KIDUNG

Ucapan terima kasih spesial buat iinku yang rela menyiapkan semua ini, makasih buat bingkai yang ada Typography “Happy Birthday To You” tambah berskill ki. Buat kadonya juga, saya suka perpaduan warnanya,mantap pokoknya sering ka pake nantinya, hehehehe. Agak sedikit terharu karena iinku menyiapkan semua ini saat bulan ramadhan, pastinya dia lagi puasa ,dia bela-belain menyiapkan semua ini. Membuat saya terharu sampai tidak meneteskan air ketek dan air-air lainnya.

THANKS FOR EVERYTHING..


 armas, iinku, saya sendiri, aris, dan akil (kidung yang foto)
 Hadiah bingkai Typography "Happy Birthday To you"
 Armas, Kidung, iinku, saya, fheny, dan akil (aris yang foto)
 Apa di!!!
Kompakan gayanya, semoga selalu kompak
Makasih kidung sudah motret, mantap blur-blurnya
 
Favorit Picture (ala2 penerimaan piagam)


ini sedikit video dokumentasinya, wkwkwk

14 Jul 2013

Punya Font Sendiri dari Rasa Penasaran

,
Di saat bulan puasa baiknya kita meluangkan sedikit waktu untuk melakukan hal-hal yang positif, diluar shalat lima waktu maupun mengaji nah ( soknya, Juz amma saja tidak hatam, wkwkwk)

Mau ketemu ANDALANKU tapi lagi puasa, batal puasata nanti kalo saya lihat matanya, akan terjadi... yah begitulah!!. Sabar pak, sebulan seminggu 3 hari 10 jam 40 menit 23 detik ji kita ndak ketemunya,terpaksa ketemunya di mimpi saja.

Kalau saya mencari kesibukan asal jangan sok sibuk yah, kesibukan yang menurutku itu saya suka lakukan atau sesuai dengan passion ta , biasanya diawali dengan dari rasa penasaran tinggi yang pada akhirnya membuat kita harus memecahkan atau ingin selalu cari tahu. Kalau kita tidak melakukannya akan membuat kita akan selalu ingat hal itu. Kayak ada sesuatu yang berat di kepalata yang bisa bikin sedikit stress tapi tidak sampai gila nah (lain tong ini kasusnya kalo sampai gila).

Saya kasih contoh misalnya kita mau odo cewek pastinya cewek itu kita suka dulu, karena kesukaan itu akan membuat kita penasaran sama dia. Mulai mi kita cari tahu sapa namanya dll, biasanya cari tahu namanya itu dari temannya maupun di Sosmed atau bahasa gaulnya STALKING atau KEPO, itu wajar loh, semua manusia pasti begitu, Banyak temuan-temuan dunia itu berawal dari penasaran, pesawat telpon di temukan karena rasa ingin tahu atau rasa penasaran seorang Alexander Graham bell, begitu juga temuan-temuan dunia yang bermanfaat bagi semua manusia didunia.

Kembali kemasalah odo-mengodo cewek, karena rasa penasaran yang tinggi pada akhirnya kita akan menyatakan cinta padanya, dua ji jawabannya itu antara (A) di terima atau (B) di tolak. Kalau ABC itu kecap, ngapami mantan penjual bakso. Oke, apapun jawabannya si cewek yang pastinya kita sudah tau jawabannya , kalau di tolak tetap bersyukur (mencoba ikhlas), syukur-syukur kita di terima. Paling tidak kita bisa tahu jawabannya, karena itu yang bisa menjawab rasa penasaranta selama ini. Di mana prosesnya yang sangat penting, akan membuat kita semakin tahu kelemahanta membuat kita sedikit intropeksi diri. Intinya jangan takut mencoba.

Berawal dari iseng-iseng mendownload font-font yang terupdate, pada akhirnya saya penasaran ingin punya font sendiri, sebelumnya saya sudah punya, apa di!! Semacam personal logo atau tanda pengenal setiap desain-desain yang saya buat, seperti ini penampakannya..


Itu huruf M, karena penasaran saya mau membuat semua huruf dengan konco2nya mengikuti karakter huruf M. Jadilah fontku sendiri dengan bantuan akang Corel Draw.


Butuh kesabaran buatnya karena buatnya satu-satu ada sekitar 66 karakter (artikel berikutnya tutornya nah), tapi pasti saya tetap puas sama hasilnya, paling tidak bisa menjawab rasa penasaranku selama ini. Kita kembali ke masalah asmara-asmara terkhusus buat cowok-cowok diluar sana yang suka sama cewek kejarlah sampai usahamu paling maksimal, hilangkan ki rasa maluta, apapun hasilnya itu paling tidak bisa menjawab rasa penasaran.

Dengan PENASARAN, bisa menjawab PERASAAN mu.

GANBATTE,..



Kalau ada yang mau download ada linknya dibawah ini, kalau tidak jangan mi, wkwkwk

18 Feb 2013

Tentang Logo “EXIST08”

,
Ketika ingin membuat sebuah logo, maka kita akan bergelut dengan simbol, tipografi, dan penerapannya dalam komunikasi visual. Terkadang melalui proses yang sangat panjang dan cukup menguras pikiran dan waktu dalam membuatnya ada hal yang terlupakan dan sangat penting diluar skill kita dalam mengolah tools-tools yang ada pada CorelDraw misalnya. Setelah membaca banyak referensi baik dibuku maupun dibeberapa website, hal penting itu adalah konsep. Dengan adanya konsep akan memudahkan kita saat eksekusinya disoftware, tentunya harus diseimbangkan antara konsep dan eksekusinya. Karena dengan kombinasi kedua elemen itu akan membuat design logo anda akan mudah diingat dan tentunya pesan yang akan disampaikan mudah diterima.

Saya sangat tertarik membuat logo, karena menurutku logo adalah bentuk design grafis yang paling sederhana dari segi bentuk tidak seperti poster,baliho maupun majalah yang harus menuntut skill kita dalam penguasaan tools-tools yang ada pada software, ketertarikan dalam membuat logo didukung juga dengan penguasaan tools-tools yang masih kurang. Karena hal tersebut membuat saya harus sadar atas kemampuanku dalam penguasaan tools yang kalau dibilang masih pemula. Kekurangan itu membuat saya harus memperkuat design yang saya buat dikonsepnya saja.

Hal yang paling dekat untuk belajar membuat logo yaitu logo angkatanku “EXIST08” yang merupakan nama identitas angkatanku di kampus. Setelah melalui tahap mengkonsepkannya yang cukup panjang dengan sedikit penguras otak dan setelah itu mensketsanya di kertas HVS dan terakhir proses eksekusi disoftware CorelDraw, akhirnya saya bisa menyelesaikannya.
Proses Pembuatan Logo "EXIST08"
Kalo dilihat dari bentuknya logo ini cukup sederhana dan mudah di ingat karena bentuknya begitu familiar bagi kita yaitu bentuk sebuah Rumah. Bentuk Rumah ini saya bentuk dari dua gabungan antara kata “EXIST” dan angka “08”, kata “EXIST” dibentuk layaknya sebuah atap dan angka “08” yang bawah layaknya bagian bawah bangunan rumah. Logo ini saya buat dengan prinsip logo yang efektif (artikel saya sebelumnya).

Kali ini jenis logo yang saya buat adalah kombinasi icon dan logotype yang didalamnya ada sebuah ikon dan sebuah kata, ikonnya itu adalah bentuk “RUMAH” dan kata itu adalah “EXIST08”. Konsep awal untuk logo “EXIST08” ini adalah logo yang mudah dikenal bentuknya maupun mudah membentuknya kembali, bentuk rumah yang mudah diingat dan mudah membentuknya kembali ketika orang lain melihatnya menjadi salah satu dasar saya menjadikan konsep bentuk rumah sebagai design logo kali ini, kesimpelan atau kesederhanaan adalah hal yang utama dalam sebuah logo agar hal-hal tersebut bisa tercapai. Saya akan menguji logo ini dengan menggunakan prinsip logo yang efektif.

Pertama: Ditumpuk diantara logo-logo terkenal dunia, 
logonya mudah ditemui dengan cepat.
Kedua: Dibuat Ukuran kecil sampai
ukuran besar, logonya masih bisa terlihat jelas.

Ketiga: Saat dicetak berwarna maupun hitam-putih, 
logonya masih bisa dilihat jelas dan masih dapat dipahami maknanya.

Hampir lupa singkatan dari EXIST itu adalah Excellent Communication Society, kalau ingin menaruh kata tersebut dilogonya, tinggal menaruh dibawah logo tersebut dan membentuknya menjadi sebuah pagar. Sehingga lengkaplah rumah dengan sebuah pagar didepannya. 

Rumah dengan sebuah Pagar didepannya

Tulisan “EXIST08” memang sengaja didesign sedemikian rupa agar membentuk rumah merupakan bagian sebuah konsep pemikiran yang sudah sejak lama saya pikirkan yang divisualisasikan dalam sebuah bentuk yang dapat dilihat. Kenapa harus rumah? Apa hubungannya “EXIST08” dan "RUMAH"?, Berikut ini adalah filosofi rumah yang identik dengan hubungannya dengan angkatanku “EXIST08”


FILOSOFI RUMAH

Mengambil konsep rumah untuk logoku kali ini bukan hanya karena rumah adalah sesuatu yang mudah diingat dan mudah dijumpai dimanapun, tetapi dibalik semua itu rumah mempunyai nilai filososfi yang tinggi. Saya akan menguraikan filosofi rumah sesuai pemahaman saya dan menguaraikan kesamaannya dengan angkatanku “EXIST08”.

Saya memilih bentuk rumah karena rumah adalah sebuah harta yang tak terhitung nilainya bagi manusia , rumah adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, rumah adalah tempat berteduh dikala hujan dan panas. Setiap manusia pasti memiliki rumah walaupun yang sederhana dan mewah. Begitu pentingnya rumah sehingga ada yang mengatakan kalau “Rumahku adalah istanaku, rumahku adalah surgaku”. Sama seperti rumah bagiku EXIST itu adalah harta yang tak terhitung nilainya.

Penulis buku asal semarang Lilly T. Erwin mengatakan “Rumah adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal dan berkumpul suatu keluarga. Rumah juga merupakan tempat seluruh anggota keluarga berdiam dan melakukan aktivitas yang mejadi rutinitas sehari-hari”.

Dari pengertian yang diungkapkannya saya dapat menyimpulkan kalau rumah itu sangat identik dengan keluarga, bagiku EXIST sudah ditakdirkan untuk menjadi keluarga. Keluarga yang selalu menyayangi antar sesama, keluarga yang selalu menjaga, dan tentunya keluarga yang penuh dengan cinta. Rumah adalah hal yang terindah yang Tuhan miliki untuk dititipkan kepada kita, begitu juga dengan EXIST adalah sebuah hal terindah bagi saya bisa mengenal EXIST sebagai keluarga. 

Rumah bukan sekedar tempat tinggal, fungsi paling mendasar adalah tempat menyimpan privasi. Saya menganggap kalau keluarga EXIST itu adalah tempat yang paling nyaman untuk mengeluarkan unek-unek atau bahasa gaulnya curhat. Curhatan yang bersifat pribadi adalah hal yang paling banyak dicurhatkan kesesama ada juga mengosipi orang lain. Bagaikan sebuah rumah yang memiliki gembok yang berlapis-lapis, begitulah EXIST yang dapat menyimpan cerita-cerita sehingga orang luar tidak bisa mengetahuinya.

Rumah yang yang saya maksud disini bukan rumah yang dapat dilihat dengan mata secara visual, tapi dapat dirasakan dengan hati, anggap kalau EXIST itu adalah rumah yang ada dalam hati kita. Rumah yang dibangun karena adanya rasa kekeluargaan yang tinggi dan selalu kokoh karena dibangun dengan pondasi kebersamaan dan tetap saling melindungi antar sesama layaknya atap yang melindungi rumah dari hujan dan panas.

Banyak harapan dengan adanya logo ini, saya berharap agar semua teman-teman EXIST tetap menjaga kekompakkannya, selalu mengingatkan satu sama lain, dan tentunya tetap menjadi keluarga yang bahagia selamanya. EXIST itu harus selalu dirawat agar semua teman-teman tetap nyaman berada didalam layaknya sebuah rumah. Logo ini juga representasi dari makna EXIST itu sendiri yang selalu menunjukkan eksistensinya dikehidupan nyata, kita dituntut untuk berbuat hal-hal yang positif bukan hanya untuk sesama tapi juga orang lain sehingga akan menjadi sumber inspirasi buat tetangga-tetangga kita untuk berbuat baik.

Sekian salah satu tulisan yang sedikit berefek dan berskill. wkwkwk

Album foto

www.flickr.com
 

MUYAMPATO Copyright © 2012 -- Template created by the cueks