18 Feb 2013

Tentang Logo “EXIST08”

,
Ketika ingin membuat sebuah logo, maka kita akan bergelut dengan simbol, tipografi, dan penerapannya dalam komunikasi visual. Terkadang melalui proses yang sangat panjang dan cukup menguras pikiran dan waktu dalam membuatnya ada hal yang terlupakan dan sangat penting diluar skill kita dalam mengolah tools-tools yang ada pada CorelDraw misalnya. Setelah membaca banyak referensi baik dibuku maupun dibeberapa website, hal penting itu adalah konsep. Dengan adanya konsep akan memudahkan kita saat eksekusinya disoftware, tentunya harus diseimbangkan antara konsep dan eksekusinya. Karena dengan kombinasi kedua elemen itu akan membuat design logo anda akan mudah diingat dan tentunya pesan yang akan disampaikan mudah diterima.

Saya sangat tertarik membuat logo, karena menurutku logo adalah bentuk design grafis yang paling sederhana dari segi bentuk tidak seperti poster,baliho maupun majalah yang harus menuntut skill kita dalam penguasaan tools-tools yang ada pada software, ketertarikan dalam membuat logo didukung juga dengan penguasaan tools-tools yang masih kurang. Karena hal tersebut membuat saya harus sadar atas kemampuanku dalam penguasaan tools yang kalau dibilang masih pemula. Kekurangan itu membuat saya harus memperkuat design yang saya buat dikonsepnya saja.

Hal yang paling dekat untuk belajar membuat logo yaitu logo angkatanku “EXIST08” yang merupakan nama identitas angkatanku di kampus. Setelah melalui tahap mengkonsepkannya yang cukup panjang dengan sedikit penguras otak dan setelah itu mensketsanya di kertas HVS dan terakhir proses eksekusi disoftware CorelDraw, akhirnya saya bisa menyelesaikannya.
Proses Pembuatan Logo "EXIST08"
Kalo dilihat dari bentuknya logo ini cukup sederhana dan mudah di ingat karena bentuknya begitu familiar bagi kita yaitu bentuk sebuah Rumah. Bentuk Rumah ini saya bentuk dari dua gabungan antara kata “EXIST” dan angka “08”, kata “EXIST” dibentuk layaknya sebuah atap dan angka “08” yang bawah layaknya bagian bawah bangunan rumah. Logo ini saya buat dengan prinsip logo yang efektif (artikel saya sebelumnya).

Kali ini jenis logo yang saya buat adalah kombinasi icon dan logotype yang didalamnya ada sebuah ikon dan sebuah kata, ikonnya itu adalah bentuk “RUMAH” dan kata itu adalah “EXIST08”. Konsep awal untuk logo “EXIST08” ini adalah logo yang mudah dikenal bentuknya maupun mudah membentuknya kembali, bentuk rumah yang mudah diingat dan mudah membentuknya kembali ketika orang lain melihatnya menjadi salah satu dasar saya menjadikan konsep bentuk rumah sebagai design logo kali ini, kesimpelan atau kesederhanaan adalah hal yang utama dalam sebuah logo agar hal-hal tersebut bisa tercapai. Saya akan menguji logo ini dengan menggunakan prinsip logo yang efektif.

Pertama: Ditumpuk diantara logo-logo terkenal dunia, 
logonya mudah ditemui dengan cepat.
Kedua: Dibuat Ukuran kecil sampai
ukuran besar, logonya masih bisa terlihat jelas.

Ketiga: Saat dicetak berwarna maupun hitam-putih, 
logonya masih bisa dilihat jelas dan masih dapat dipahami maknanya.

Hampir lupa singkatan dari EXIST itu adalah Excellent Communication Society, kalau ingin menaruh kata tersebut dilogonya, tinggal menaruh dibawah logo tersebut dan membentuknya menjadi sebuah pagar. Sehingga lengkaplah rumah dengan sebuah pagar didepannya. 

Rumah dengan sebuah Pagar didepannya

Tulisan “EXIST08” memang sengaja didesign sedemikian rupa agar membentuk rumah merupakan bagian sebuah konsep pemikiran yang sudah sejak lama saya pikirkan yang divisualisasikan dalam sebuah bentuk yang dapat dilihat. Kenapa harus rumah? Apa hubungannya “EXIST08” dan "RUMAH"?, Berikut ini adalah filosofi rumah yang identik dengan hubungannya dengan angkatanku “EXIST08”


FILOSOFI RUMAH

Mengambil konsep rumah untuk logoku kali ini bukan hanya karena rumah adalah sesuatu yang mudah diingat dan mudah dijumpai dimanapun, tetapi dibalik semua itu rumah mempunyai nilai filososfi yang tinggi. Saya akan menguraikan filosofi rumah sesuai pemahaman saya dan menguaraikan kesamaannya dengan angkatanku “EXIST08”.

Saya memilih bentuk rumah karena rumah adalah sebuah harta yang tak terhitung nilainya bagi manusia , rumah adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, rumah adalah tempat berteduh dikala hujan dan panas. Setiap manusia pasti memiliki rumah walaupun yang sederhana dan mewah. Begitu pentingnya rumah sehingga ada yang mengatakan kalau “Rumahku adalah istanaku, rumahku adalah surgaku”. Sama seperti rumah bagiku EXIST itu adalah harta yang tak terhitung nilainya.

Penulis buku asal semarang Lilly T. Erwin mengatakan “Rumah adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal dan berkumpul suatu keluarga. Rumah juga merupakan tempat seluruh anggota keluarga berdiam dan melakukan aktivitas yang mejadi rutinitas sehari-hari”.

Dari pengertian yang diungkapkannya saya dapat menyimpulkan kalau rumah itu sangat identik dengan keluarga, bagiku EXIST sudah ditakdirkan untuk menjadi keluarga. Keluarga yang selalu menyayangi antar sesama, keluarga yang selalu menjaga, dan tentunya keluarga yang penuh dengan cinta. Rumah adalah hal yang terindah yang Tuhan miliki untuk dititipkan kepada kita, begitu juga dengan EXIST adalah sebuah hal terindah bagi saya bisa mengenal EXIST sebagai keluarga. 

Rumah bukan sekedar tempat tinggal, fungsi paling mendasar adalah tempat menyimpan privasi. Saya menganggap kalau keluarga EXIST itu adalah tempat yang paling nyaman untuk mengeluarkan unek-unek atau bahasa gaulnya curhat. Curhatan yang bersifat pribadi adalah hal yang paling banyak dicurhatkan kesesama ada juga mengosipi orang lain. Bagaikan sebuah rumah yang memiliki gembok yang berlapis-lapis, begitulah EXIST yang dapat menyimpan cerita-cerita sehingga orang luar tidak bisa mengetahuinya.

Rumah yang yang saya maksud disini bukan rumah yang dapat dilihat dengan mata secara visual, tapi dapat dirasakan dengan hati, anggap kalau EXIST itu adalah rumah yang ada dalam hati kita. Rumah yang dibangun karena adanya rasa kekeluargaan yang tinggi dan selalu kokoh karena dibangun dengan pondasi kebersamaan dan tetap saling melindungi antar sesama layaknya atap yang melindungi rumah dari hujan dan panas.

Banyak harapan dengan adanya logo ini, saya berharap agar semua teman-teman EXIST tetap menjaga kekompakkannya, selalu mengingatkan satu sama lain, dan tentunya tetap menjadi keluarga yang bahagia selamanya. EXIST itu harus selalu dirawat agar semua teman-teman tetap nyaman berada didalam layaknya sebuah rumah. Logo ini juga representasi dari makna EXIST itu sendiri yang selalu menunjukkan eksistensinya dikehidupan nyata, kita dituntut untuk berbuat hal-hal yang positif bukan hanya untuk sesama tapi juga orang lain sehingga akan menjadi sumber inspirasi buat tetangga-tetangga kita untuk berbuat baik.

Sekian salah satu tulisan yang sedikit berefek dan berskill. wkwkwk

4 komentar:

Album foto

www.flickr.com
 

MUYAMPATO Copyright © 2012 -- Template created by the cueks